Just another WordPress.com site

Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif,  dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study dapat menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru.

IMG02658-20130228-0925

Dua manfaat Lesson Study adalah, pertama, merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa, serta kedua, mempercepat pematangan, pendewasaan bagi guru pemula. Menjadikan guru lebih profesional dan inovatif bagi guru-guru senior

Sebelum dilaksanakan Lesson study terlebih dahulu dilakukan sosialisasi yang dilakukan oleh Program Study Biologi FKIP Universitas Riau

DSC00895 DSC00896 DSC00897 DSC00898 DSC00899 DSC00900 DSC00901 DSC00902 DSC00903 DSC00904 DSC00905 DSC00906 DSC00907 DSC00908 DSC00910 DSC00912 DSC00913 DSC00914 DSC00915 DSC00916

Implementasi Lesson Study yang dilakukan oleh MGMP Biologi  SMA/MA Kota Pekanbaru  bekerja sama dengan Program study Biologi /FKIP -Universitas Riau dilaksanakan dalam 2 siklus yang dimulai pada tanggal 17 februari 2013 dengan dimulai acara sosialisasi dalam  kegiatan Lesson Study ini .Sebagai guru model pada siklusn 1 ini adalah Feni Suasti Ssi , guru Biologi SMAN8 Pekanbaru  dan sebagai observer utama adalah :

1. Darnis SPd

2. Azlina Ssi

3. Eva Rianti

4. Erni Sukma

5. Sarti Eka Masni

Anggota MGMP lainnya sebagai observer tamu dan dosen pendamping selaku observer pendamping adalah Ir Safrina Msi dan DR evi Suryawati Msi, Mariani MPd,Wan Safii MPd dan Yuslim Fauziah Msi

Siklus 2 dengan guru model Elza Spd ,guru SMAN9 Pekanbaru , sebagai obsever utama adalah

1. Dra Erika Frida

2. Ratipah sundari

3. Rosnida MPd

4. Samzar SPd

5. Marfuah SPd

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan di SMAN8Pekanbaru. Selanjutnya dalam kegiatan ini  menerapkan tiga langkah:

1.  PLAN, merencanakan pembelajaran dengan penggalian akademis pada topik dan alat-alat pembelajaran yang digunakan.

DSC00834

DO, melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada rencana pembelajaran dan alat-alat yang disediakan, serta mengundang rekan-rekan sejawat untuk mengamati,

IMG02594-20130207-0908 IMG02595-20130207-1005

Gambar Saat Do siklus 1 dilaksanakan di SMAN8 Pekanbar

IMG02653-20130228-0842 IMG02654-20130228-0843 IMG02655-20130228-0846 IMG02656-20130228-0846

gambar saat DO di SMAN 9 Pekanbaru

SEE, melaksanakan refleksi melalui berbagai pendapat/tanggapan dan diskusi bersama pengamat/observer pasca presentasi mengajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: